Cak Imin Maju Cawapres Karena Ingin Lanjutkan Cita-Cita Bung Hatta Tentang Ekonomi Kerakyatan

Cak Imin Maju Cawapres Karena Ingin Lanjutkan Cita-Cita Bung Hatta Tentang Ekonomi Kerakyatan

PKB Maluku – Kediri. Tekad ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2019 mendatang semakin kuat.

Pada pertemuan dengan ratusan kader PKB Kediri, Jawa Timur Senin 23 April 2018, Cak Imin menegaskan jika dirinya berkenan maju Cawapres karena ingin meneruskan cita-cita Bung Hatta.

“Saya maju Cawapres karena ingin meneruskan cita-cita Bung Hatta, yakni memajukan Ekonomi Kerakyatan,” kata Cak Imin.

Konsep ekonomi kerakyatan adalah sebuah konsep politik-perekonomian yang memusatkan pembangunannya pada rakyat. Koperasi merupakan suasana yang mengutamakan kerjasama dalam suasana kekeluargaan antara setiap anggotanya yang bebas dari penindasan dan paksaan. Setiap anggota memiliki tanggung jawab bersama untuk menjamin kemajuan bersama setiap anggotanya dengan menolak pertentangan dan persaingan di dalam bidang yang sama

Menurut Cak Imin, konsep ini menempatkan koperasi sebagai medium pencapaian hasil, tanpa mengesampingkan peranan pasar dan negara.

“Ini baru disini saya ungkap. Jadi cita-cita Bung Hatta yang harus dilanjutkan, membangun ekonomi kerakyatan lewat koperasi dan paguyuban,” tegas Cak Imin.

Mengutip pemikiran Bung Hatta, Cak Imin menambahkan bahwa konsep Ekonomi Kerakyatan yang dicita-citakan Bung Hatta yakni tentang bagaimana rakyat bisa merasakan kemakmuran dan kesejahteraan dalam arti sesungguhnya sebagai makhluk sosial, makhluk religi sekaligus makhluk individu dan bukanlah mengutamakan pembangunan fisik serta pertumbuhan ekonomi semata.

Keberanian Cak Imin untuk mencalonkan diri sebagai cawapres juga dilatarbelakangi dukungan dari arus bawah mulai dari Petani, Nelayan, Kaum Buruh, serta dukungan kalangan Kiai dan ulama yang terus mendorongnya.

Untuk diketahui, hampir setiap hari ragam elemen bangsa mendirikan Posko Cinta (Cak Imin untuk Indonesia), juga merebaknya Posko JOIN (Jokowi – Muhaimin) diberbagai daerah di Indonesia.

Jangan Lupa Bagikan :
  • 7
    Shares