Cak Imin Minta Pemerintah Tetapkan 7 November Sebagai Hari Wayang Nasional

Cak Imin Minta Pemerintah Tetapkan 7 November Sebagai Hari Wayang Nasional

PKB Maluku-Solo. Seni budaya wayang adalah warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Eksistensi wayang terus berkembang hingga sekarang meski mengalami perubahan dalam penampilan, baik garap maupun sanggit dan unsur tambahan lainnya.
 
Pada tanggal 7 November 2003 UNESCO (Lembaga Budaya dari Perserikatan Bangsa-Bangsa) menetapkan wayang sebagai a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Karya Agung Budaya Dunia.

Diketahui, penghargaan UNESCO ini adalah penghargaan untuk Wayang Indonesia. Namun Indonesia sendiri hingga kini belum memberikan apresiasi berarti terhadap khazanah budaya leluhur itu.

Berangkat dari hal itu, Wakil Ketua MPR RI A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendorong pemerintah untuk segera menetapkan Hari Wayang Nasional sebagai wujud penghargaan sekaligus upaya melestarikan budaya tersebut.

“Kita mendorong pemerintah menetapkan Hari Wayang Nasional. Penting sekali sebelum Wayang diambil orang lain lho,” kata Cak Imin saat menghadiri Sarasehan bersama seniman tradisional di Surakarta, Selasa 24 April 2018.

Menurut Cak Imin, wayang dipandang sebagai seni budaya yang luar biasa, karena mampu memberikan pendidikan moral dan budi pekerti untuk menyampaikan nilai-nilai keindahan/ kemuliaan dalam masyarakat.

Tentu sudah selayaknya pemerintah turut serta memberikan penghargaan karena wayang tidak sekedar kebanggaan, namun juga sebagai bukti bahwa pada jaman dulu bangsa Indonesia memiliki cita rasa seni dan budaya maupun nilai-nilai luhur yang tinggi.

“Karena itu sesuatu yang sangat mudah buat pemerintah mengakui khazanah yang namanya wayang ini benar-benar diapresiasi melalui Hari Wayang Nasional setiap tanggal 7 November,” pungkas Cak Imin.

Jangan Lupa Bagikan :
  • 31
    Shares