Cak Imin: Waspadai Ceramah Agama yang Mendorong Kekerasan dan Permusuhan

Cak Imin: Waspadai Ceramah Agama yang Mendorong Kekerasan dan Permusuhan

PKB Maluku-Jakarta. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, A. Muhaimin Iskandar meminta seluruh elemen masyarakat mewaspadai ceramah-ceramah keagamaan yang mendorong perilaku kekerasan.

“Banyak ceramah agama yang berkonotasi mendorong kekerasan dan permusuhan. Ini harus diwaspadai,” ujar Cak Imin seusai memberikan sambutan dalam acara Musabaqah Kitab Kuning di DPP PKB, Kamis (29/11/2018) Cak Imin mengatakan menjelang pileg dan pilpres fenomena penggunaan simbol-simbol agama cukup menonjol.

Menurutnya, simbol agama digunakan karena sangat mudah memengaruhi psikologi massa. “Simbolik yang paling mudah digunakan adalah agama, yang paling menyambung dengan psikologi massa sekaligus menyambung praktik keagamaan sehari-hari. Maka orang berbondong-bondong menjadi gus, gus sugi tidak tahu siapa, kemudian ada gus milenial, tiba-tiba ada kiai baru tanpa ilmu agama yang dalam,” ujarnya.

Dengan adanya fenomena tersebut, Cak Imin mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti kiai dan ulama yang benar-benar memiliki ilmu agama yang mendalam.

“Oleh karena itu harus diantisipasi bahwa kita harus mengikuti kiai ulama yang benar-benar ilmu agamanya dalam. Kedalaman ilmu agama menjadi syarat. Kalau kedalaman ilmunya pas-pasan itu bahaya, orang menyalahkan orang lain, dan seterusnya,” jelasnya.

 

 

Jangan Lupa Bagikan :
  • 52
    Shares