Harapan Jokowi Pada PKB, Saat Hadiri Tasyakuran Harlah ke-20

Harapan Jokowi Pada PKB, Saat Hadiri Tasyakuran Harlah ke-20

PKB Maluku-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara tasyakuran Harlah ke-20 Partai Kebangkitkan Bangsa (PKB), di Hotel Grand Sahid, Jakarta Selatan, Minggu (22/7/2018) malam. Jokowi yang hadir sekitar pukul 19.25 WIB dan langsung disambut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta sejumlah petinggi partai.

Mengenakan kemeja hitam, Jokowi dan Cak Imin tampak akrab sambil berjalan bersama menuju tempat acara. Mars Nahdlatul Ulama ‘Hubbul Wathon’ menyambut kedatangan Jokowi. 

Jokowi saat memberikan sambutan mengisahkan kunjungannya bersama Cak Imin, mengelilingi venue Asian Games di Palembang beberapa waktu yang lalu. Jokowi dan Cak Imin diketahui sempat mencoba venue sekaligus memainkan sejumlah permainan bersama, diantaranya bowling, tembak dan juga dayung.

Tak hanya sekadar bermain bersama, menurut Jokowi semua permainan tersebut memiliki makna, apalagi dilakukan berdua.

“Saya dan beliau 3 kali bermain, pertama boling, nggak ada yang kena. Kedua tembak. Pakai kacamata tembak, jaraknya sama, sama-sama nggak ada yang kena. Yang ketiga, ini nggak ada nilainya karena kita mendayung berdua, jejer berdua,” ujar Jokowi di harlah ke-20 PKB di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018).

Saat mendayung bersama, Jokowi menjelaskan makna bekerja sama.

“Ada yang mengartikan berdayung berdua adalah…, memang mendayung itu harus bekerja sama. Kalau satu dayung ke sini, satu ke sana, karam kapalnya,” kata Jokowi saat memberi sambutan dalam resepsi Harlah 20 PKB di Jakarta, Minggu 22 Juli 2018.

Jokowi bicara soal dukungan Cak Imin kepada dirinya sejak tahun 2014. Ia lantas mengatakan makna bekerja sama dengan ‘join’.

“Dengan statement bapak Muhaimin Iskandar di Palembang, jelas, kita bekerja sama. Dan dalam dunia usaha itu namanya ‘join’. Namanya bekerja sama itu ‘join’,” terang Jokowi.

Menurut Jokowi, Cak Imin telah berusaha membantu kerja-kerja politik yang manfaatnya juga dirasakan oleh dirinya, yaitu dengan merebaknya Posko JOIN (akronim dari Jokowi-Muhaimin) di seluruh Indonesia.

Kerja-kerja politik Cak Imin itu lantas membuatnya merasa nyaman. Eks Walikota Solo ini ingin kerjasama dengan Cak Imin terus dilanjutkan.

Pemotongan Tumpeng oleh Cak Imin dan Diserahkan Pada Presiden Jokowi, Pada Tasyakuran Harlah ke-20 PKB di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018) Malam.

Selain itu, Presiden Jokowi menyatakan akan mengumumkan nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi di Pilpres 2019, dalam waktu dekat. Kata Jokowi, keputusan untuk nama Cawapresnya akan ditentukan paling lama dalam waktu dua minggu kedepan.

‎Sejalan dengan itu, Jokowi sempat mengibaratkan PKB dengan timnas negara yang lolos di final piala dunia 2018. Mantan Gubernur Jakarta itu menyebut PKB seperti Perancis, Kroasia, dan Belgia. Sayangnya, Jokowi tidak menjelaskan maksudnya tersebut.

“Saya yakini, Insya Allah PKB akan sukses. Lihat saja final piala dunia adalah Perancis, Kroasia, dan Belgia. PKB. Artinya, diartikan sendiri,” ungkapnya

Jokowi meyakini partai pimpinan Cak Imin tersebut akan sukses menghadapi Pilpres 2019 seperti tiga negara yang lolos dalam laga piala dunia 2018. Dia memastikan para petinggi PKB akan berusaha semaksimal mungkin untuk menang di Pilpres 2019.

“Dalam menghadapi pemilu 2019, saya yakin, pimpinan PKB, ulama, kyai, dan seluruh kader, akan berusaha keras untuk menarik hati rakyat,” katanya.

Acara Harlah ke-20 PKB juga dihadiri Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menhub Budi Karya Sumadi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Imam Nahrawi, Menaker Hanif Dhakiri, dan KSP Moeldoko.

Selain itu beberapa politisi hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Sekjen Nasdem Johny Plate, politisi PAN Viva Yoga, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Jangan Lupa Bagikan :
  • 19
    Shares