Sambangi DPP PKB, Sekjen PDIP Apresiasi Cak Imin Sebagai Cawapres 2019

Sambangi DPP PKB, Sekjen PDIP Apresiasi Cak Imin Sebagai Cawapres 2019

PKB Maluku-Jakarta. Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristianto melakukan kunjungan dan silaturrahim ke markas DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jl Raden Saleh Nomor 9 Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018) Kehadirannya secara langsung disambut oleh Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama sejumlah jajaran pengurus DPP PKB lainnya.

Cak Imin mengaku senang atas kunjungan yang dilakukan oleh Hasto bersama sejumlah pengurus DPP PDIP. Dalam pertemuan itu Cak Imin mengaku menyampaikan dan menjelaskan tentang gagasan Soedurisme kepada Hasto.

“Kami mendiskusikan soal ideologi perjuangan. Yaitu bagaimana gagasan-gagasan  Bung Karno, gagasan-gagasan Gus Dur menjadi bagian dari penyuluh pembangunan pemerintahan ini,” kata Cak Imin.

Sementara itu, Sekjen DPI Perjuangan Hasto menyatakan bahwa selain membicarakan dukungan PKB ke Jokowi, pertemuan tersebut juga membicarakan soal gagasan Soedurisme, akronim dari Soekarnoisme dan Gusdurisme, yang dicetuskan oleh Cak Imin.

“Pertemuan ini mendapat legitasi yang sangat kuat. Cak Imin sudah menyampaikan gagasan besar Soekarno, Kiai Hasyim dan juga Gus Dur, tidak ada dikotomi antara nasionalisme dan Islam,” kata Hasto usai pertemuan.

Menurut Hasto, gagasan Soedurisme yang digaungkan Cak Imin sangat tepat dan baik untuk meningkatkan kinerja serta peran pemerintah tingkatkan kesejahteraan rakyat.

Gagasan tersebut tentu dapat menjadi tameng sekaligus daya dorong tingkatkan nasionalisme sekaligus spiritualitas bangsa secara harmonis.

Hasto menambahkan bahwa ia mengapresiasi banyaknya mandat dan dukungan yang diberikan oleh sejumlah elemen bangsa kepada Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai Cawapres pada Pilpres 2019 mendatang.

Menurut Hasto, pencawapresan merupakan kedaulatan masing-masing dan menjadi cermin positif bagi kaderisasi kepemimpinan didalamnya.

“Tentu saja setiap partai politik punya kedaulatan dan fungsi kaderisasi kepemimpinan, dalam kaitan dengan penempatan posisi jabatan-jabatan strategis, sehingga kami memahami hal tersebut,” kata Hasto

Disinggung terkait arah dukungan PDIP kepada Cak Imin, Hasto menegaskan jika keputusan tersebut ada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Karena PDIP sudah menetapkan pak Jokowi sebagai Capres, tentu saja dari PDIP sudah menempatkan Ketua Umum kami, ibu Megawati untuk mengambil keputusan (Cawapres),” tegasnya.

Selain itu, Hasto tak menampik jika Cak Imin dan juga PKB adalah bagian penting dari koalisi pemerintah dibawah kepemimpinan Jokowi saat ini.

Maka sudah dapat dipastikan, Cak Imin juga akan dipertimbangkan PDIP untuk dapat mendampingi Jokowi pada Pemilu 2019 mendatang.

“Hal itu (pencawapresan) perlu dibicarakan melalui dialog bersama, apalagi mas Muhaimin ini kan bagian dari partai pengusung pak Jokowi. Kualifikasinya itu salah satunya karena cak imin pendukung senior,” pungkas Hasto.

Jangan Lupa Bagikan :